Contoh Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung: Tabung, Kerucut dan Bola

Bangun Ruang sisi lengkung yang terdiri dari tiga bangunan yaitu Tabung, Kerucut dan Bola. Masing – masing dari bangun ruang ini mempunyai rumus yang berbeda-beda, Tetapi, tetap menggunakan rumus Phi yaitu 3.14 dan 22/7.

Bangun ruang ini yaitu memiliki sisi melengkung yang jika kita lipat akan membentuk lingkaran. Berikut adalah penjelasan mengenai bangun ruang sisi melengkung !

Tabung

Rumus Tabung/Silinder mempunyai 3 sisi yaitu sisi alas, sisi atas dan sisi selimut. Sisi alas dan atas berbentuk lingkaran. Jarak dari sisi atas ke sisi bawah itu dinamakan tinggi, jarak satu lingkaran disebut dengan diameter dan jarak titik pusat itu dinamakan jari-jari.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Rumus tabung/Silinder adalah :

Phi bernilai 22/7 dan 3.14

Rumus Luas Permukaan Tabung yaitu :

Contoh Soal :

1.Sebuah tabung tertutup memiliki jari-jari sebesar 20 cm dan tinggi 40 cm seperti gambar berikut ini ! Hitunglah Volume dan luas permukaan tabung !

Mencari Volume yaitu :

Mencari Luas Permukaan yaitu :

2. Sebuah tangki berbentuk tabung tertutup memiliki jari-jari alas 14 cm dan tinggi 20 cm. Volume dan luas permukaan tangki adalah….

Volume Tangki adalah :

Luas Permukaan Tangki adalah :

Kerucut

Kerucut juga mempunyai alas yang berbentuk lingkaran, Namun tidak memiliki sisi atas seperti tabung tetapi mengerucut keatas. Kerucut ini memiliki garis pelukis atau garis putus-putus yang menandakan sisi miring atau sisi segitiga siku-siku.

Rumus Kerucut :

Luas Permukaan Kerucut :

Contoh soal :

Sebuah kerucut yang mempunyai jari-jari r = 30 cm, garis pelukis s = 50 cm dan t = 20 cm, seperti pada gambar dibawah ini . Hitunglah Volume dan luas permukaannya !

Hasil Volume Kerucut dan Luas Permukaan kerucut :

Bola

Contoh Soal :

Diberikan sebuah bola yang memiliki diameter 20 cm seperti gambar dibawah, tentukan :

  • Volume bola ?
  • Luas Permukaan

Jawaban :

Contoh Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung

1.Sebuah bola besi berada didalam tabung plastik terbuka bagian atasnya terlihat ada gambar di bawah ini ! Tabung kemudian diisi dengan air hingga penuh. Diameter dan tinggi tabung sama dengan diameter bola yaitu 56 cm, Tentukan volume air yang tertampung oleh tabung b!

Jawabannya :

2. Jari -jari dan tinggi tabung masing-masing 30 cm dan 60 cm, tinggi kerucut dan garis pelukisnya masing-masing adalah 40cm dan 50 cm . Tentukan Luas permukaan tersebut!

Jawabannya :

Demikianlah penjelasan mengenai bangun ruang sisi lengkung beserta contohnya. Pada materi ini kita akan berhubungan dengan rumus pythagoras karena pada kerucut terdapat sisi miring.

Tinggalkan komentar