Aplikasi Untuk Smart TV

Aplikasi Untuk Smart TV

Sudah punya aplikasi untuk smart tv? Seperti yang kita ketahui smart TV terutama tv Android memang teknologi yang sudah sejak lama di produksi. Dengan TV android kamu dapat menonton tv dengan mudah menggunakan perintah suara yang sudah didukung oleh perusahaan Google dengan fitur yang sangat canggih. Namun, TV Android juga harus membutuhkan aplikasi yang baik untuk dipasang.

Baca juga : Cara Menggunakan HDMI Dongle

Aplikasi Untuk Smart TV di Android

Di google playstore sendiri sebenarnya sudah banyak tersedia aplikasi untuk smart tv yang bisa kamu gunakan, ada yang versi berbayar jika kamu ingin mendownloadnya dan ada juga yang versi gratis namun kamu harus berlangganan terlebih dahulu untuk menikmati fitur premiumnya.

1. AirScreen

aplikasi air screen

Bagi kamu pengguna ponsel iPhone yang sudah memiliki TV Android kamu harus menyiapkan beberapa cara agar terhubung ke TV Android kamu, karena Google Cast yang dimiliki oleh TV Android saat ini hanya mendukung beberapa perangkat ponsel kecuali iPhone. Tapi kamu tidak perlu takut menyesal telah membeli TV Android yang tidak support dengan iPhone, Google telah hadir untuk kamu dengan merilis AirScreen sebagai aplikasi bagi pengguna iPhone untuk menonton film streaming yang bisa kamu hubungkan secara langsung. Cara kerjanya AirScreen ini akan membuat sebuah server yang bernama Airplay pada TV Android kamu kemudian akan memberikan pantulan / mirroring layar kamu ke TV Android.

Baca juga : Cara Mencari Channel TV Yang Hilang

2. VLC Media Player

aplikasi android untuk smart tv samsung

Siapa sangka tenyata aplikasi yang sering kita gunakan untuk menonton film di laptop atau komputer kita yaitu VLC ini merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk TV Android kamu. VLC Media Player memang sebuah pemutar multimedia yang sangat menakjubkan karena sudang mendukung hampir segala jenis codec video, audio, dan CD/DVD. Keunggulan lain dari VLC adalah dapat membuat sebuah perpustakaan yang dapat mempermudah kita dalam membuka sebuah film dalam ekstensi apapun. Untuk menggunakan aplikasi ini kamu dapat mendownloadnya di Android TV Playstore atau di situs resmi.

3. Manajer File Xplorer

aplikasi xplore file manager

Manajer File Xplorer merupakan aplikasi yang mirip dengan ES File Explorer pada Google Playstore. Dengan fungsi yang sama yaitu memanajemen folder atau file. Pada TV Android Manajer File ini dapat kamu gunakan untuk mencari file atau folder yang ingin kamu buka. Kamu juga dapat mengcopy atau menyalin file dengan mudah. Fitur lainnya dari Manajer file xplorer ini kamu dapat menghubungkan file kamu dengan cloud yang ada seperti Google drive, dropbox, mediafire, dan cloud lainnya. Dan juga kamu bisa berbagi file ke teman kamu menggunakan aplikasi ini. Tertarik untuk mencoba?

Baca juga : Aplikasi Remote TV Android

4. Puffin TV

aplikasi terbaik untuk smart tv

Puffin TV merupakan sebuah aplikasi browser yang bisa kamu gunakan untuk browsing dan berselancar di internet dengan mudah dan juga tampilannya yang sangat sederhana sehingga mudah digunakan untuk kamu yang pertama kali menggunakannya. Kamu juga dapat menyikronkannya dengan tv android kamu. Seperti pada browser pada umumnya, kamu juga dapat memberi bookmark pada situs web yang ingin kamu simpan atau kamu tandai. Dengan aplikasi puffin ini tentunya menjelajahi internet di android TV bukan suatu hal yang mustahil bukan?

5. Netflix

aplikasi netflix smart tv

Netflix memang aplikasi yang sudah tidak asing bagi kita. Sebuah aplikasi yang sangatn populer ini dapat kamu gunakan pada android TV sebagai streaming film dengan fasilitas yang sangat mudah digunakan. Untuk berlangganan ke Netflix kamu juga tidak perlu membayar mahal karena netflix salah satu aplikasi streaming video termurah. Saat ini Netflix sudah mendukung android TV dengan kualitas video 4K yang pastinya resolusi ini adalah tipe yang paling besar sekarang. Untuk mendownload netflix kamu tidak perlu mencari kemana-mana karena biasanya android TV sudah memilikinya, tetapi jika di TV kamu belum terinstall netflix, kamu bisa menginstall nya secara manual di Google Playstore atau situs resminya Netflix.

6. HayStack TV

aplikasi untuk samsung smart tv

HayStack TV merupakan salah satu streaming film di Android TV yang baru-baru ini banyak diperbincangkan. Kamu dapat memilih film dengan berbagai daftar atau topik sesuai minat kamu dengan aplikasi ini. Untuk daftarnya sendiri diambil dari lebih dari 110 media berita lokal dan juga internasional yang terpercaya. Maka tak heran, Haystack dimasukkan kedalam aplikasi TV Android terbaik yang diberikan oleh Google.

Baca juga : Cara Menggunakan Aplikasi Trackview

7. Steam Link

aplikasi steam link

Steam Link merupakan aplikasi streaming video yang bisa kamu gunakan pada PC atau laptop kamu ataupun ponsel pintar kamu yang keduanya akan dihubungkan. Tentu saja harus memiliki koneksi internet yang lancar. Sesuai namanya, Dengan ini dapat kamu gunakan untuk streaming game langsung dari ke TV Android kamu, dengan resolusi yang sangat tinggi yaitu 4k dan juga 60 fps. Namun, jika koneksi internet kamu tidak stabil maka kamu bisa merubah resolusi video nya melalui menu pengaturan. Aplikasi Steam link ini cocok bagi kamu seorang youtube, ataupun streamer di facebook.

Dan yah, itu lah 7 aplikasi untuk smart tv android terbaik yang bisa kamu cobain dirumah sendiri, tentukan aplikasi yang mana yang bagus dan cocok untuk tv android kamu, Jika ada yang ditanyakan silahkan kirim di kolom komentar ya. selamat menonton..

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com