6 Aplikasi Pemrograman di Android dan iOS untuk Ngoding

Aplikasi Pemrograman di Android dan iOS untuk Ngoding

Bahasa pemrograman memang hal yang sangat penting bagi seorang programmer dalam membuat aplikasi desktop maupun mobile. Biasanya kita melakukan ngoding menggunakan pc atau laptop kita. Tetapi, saat ini ternyata sudah ada aplikasi pemrograman di android dan ios. Nah berikut daftar aplikasi yang bisa kamu coba

Ingin belajar bahasa pemrograman lengkap? Baca tutorial nya disini : Tutorial Belajar Bahasa Pemrograman untuk Pemula

Daftar Aplikasi Pemrograman di Android dan iOS

Dengan menggunakan aplikasi ini dapat membantu kamu untuk lebih cepat menjadi seorang programmer profesional. Kamu dapat mendownloadnya di google playstore dan juga appstore sesuai tipe smartphone yang kamu miliki.

Untuk lebih mudah afrizatul telah menyiapkan sebuah tabel yang bisa kamu cek daftar aplikasi nya.

No.Nama Aplikasi
1.Hopscotch
2.SoloLearn
3.Enki
4.Encode
5.Grasshopper
6.Codeacademy Go

Aplikasi Pemrograman Terbaik

Jika kamu tertarik mencoba salah satu aplikasi yang telah afrizatul berikan list nya diatas. Kamu bisa membaca penjelasan lengkap nya di bawah ini. Yuk simak ulasan berikut ini.

1.Hopscotch

aplikasi pemrograman

Hopscotch merupakan salah satu aplikasi untuk kamu yang ingin belajar bahasa ngoding di hp. Memiliki slogan “coding for kids” ternyata aplikasi ini tidak hanya khusus anak-anak. Tetapi juga cocok untuk kamu yang ingin menjadi seorang programmer. Hopscotch sendiri melalui situs resmi nya menyebutkan bahwa aplikasinya dibuat khusus untuk orang yang berusia 7, 13 sampai 18 tahun. Dan juga para mahasiwa yang ingin belajar.

Sementara aplikasi lain fokus pada dasar-dasarnya terlebih dahulu, Hopscotch bertujuan agar Anda berhasil. Tujuannya agar Anda membuat aplikasi atau game dalam hitungan menit. Ini dapat mengajarkan Anda konsep dasar pengkodean sebelum Anda menuju ke ujung yang dalam.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara langsung di google playstore atau pun appstore secara gratis. Namun jika kamu ingin menggunakan fitur yang lebih lagi kamu bisa berlangganan dengan harga 7 dollar perbulannya.

2.SoloLearn

aplikasi pemrograman komputer

Sesuai dengan namanya kamu akan belajar sendiri tentang materi pemrograman yang telah disiapkan. Dalam bentuk soal-soal seperti: bahasa C, Html, Css, java, php, phyton, framework dan lainnya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mencoba nya sendiri.

Tentunya semakin kamu berlatih untuk menjawab soal-soal yang ada dengan benar kamu akan mengerti apa yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Nah untuk menggunakan aplikasi sololearn ini kamu bisa menggunakan versi gratis nya yang tentunya tidak sekomplit fitur pada versi premiumnya.

3.Enki

Enki adalah aplikasi yang hampir sama dengan solo learn sebelumnya. Disini kamu akan dilatih menjawab soal terkait bahasa pemrograman yang akan diberikan setiap harinya. Tentunya ini sangat beguna sekali untuk belajar dan meluangkan waktu istirahat sedikit. Jadi, Dari pada menghabiskan waktu kamu ke hal-hal yang kurang bermanfaat yuk manfaatin waktu kamu sebaik-baiknya.

Di dalam nya kamu akan mempelajari web programming seperti html, css, mysql, kemudian javascript. Secara CLI atau menggunakan command line interfaces seperti pada sistem operasi linux. Enki sendiri memang aplikasi yang gratis dibagikan untuk kamu. Tetapi jika kamu membutuhkan fitur lainnya kamu bisa mengeluarkan rupiah dengan harga yang tidak mahal

4.Encode

aplikasi pemrograman dasar

Dengan tampilan aplikasi nya yang sangat unik. Encoba bisa kamu gunakan untuk belajar programming website yang cocok buat kamu para developer web baik itu fronted maupun backend. Tersedia juga pada android dan ios yang membuat aktivitas mengoding menjadi lebih mudah. Walaupun aplikasi ini baru saja dirilis pada tahun ini, tidak ada salahnya untuk mencobanya bukan?

Silahkan siapkan uang kamu sebesar $4. Untuk membeli encode versi plus dengan tambahan soal dan pelajaran yang tidak ada pada fitur freemium

5.Grasshopper

aplikasi pemrograman untuk android

Yang satu ini terbilang unik karena sangat berbeda dengan aplikasi programming yang telah afriatul bahas pada urutas seelumnya. Keunggulan dari aplikasi grasshopper ini sendiri kamu akan diberikan soal-soal tutorial untuk para pemula.

Grasshopper saat ini juga sudah tersedia di iOS dan juga android yang bisa kamu download langsung di situs resminya.

6.Codeacademy Go

code academy

Jika kamu mencari aplikasi pemgrograman yang sederhana dan mudah digunakan aplikasi ini cocok untuk kamu. Tampilannya yang sangat mudah untuk dipahami walaupun pengguna yang pertama kali mengundungnya.

Untuk menggunakan aplikasi codeacademy kamu cukup daftar untuk menjadi user kemudian login. Maka misi kamu selanjutnya adalah mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan. Sama seperti aplikasi sebelumnya. Codeacademy menyediakan fitur gratis namun dibatasi, untuk mengakses full fitur dari codeacademy kamu harus membayar nya.

Nah itulah beberapa rekomendasi aplikasi pemrograman yang memungkinkan kamu untuk ngoding lewat hp android atau iOS langsung dengan mudah . Jadi, jangan pernah patah semangat tidak ingin belajar ngoding hanya karena tidak memiliki komputer atau laptop. Semua tergantung dari usaha, niat, dan kemauan kamu sendiri. Happy ngoding..

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com