Aplikasi CCTV Android

Aplikasi CCTV Android

CCTV merupakan singkatan dari Closed Circuit Television yaitu perangkat kamera digital yang biasanya digunakan untuk mengirim sinyal kesuatu tempat dan pada umumnya menggunakan layar monitor seperti TV atau Komputer. Pada awal mula-mula Cctv rilis dan umumnya yang menggunakan Cctv hanya digunakan untuk mengawasi pekerjaan seperti Hotel, Bandara, Bank, Gudang Militer atau Pabrik. Tetapi semakin berkembangnya teknologi Cctv tidak hanya digunakan untuk area publik saja. Sekarang sudah banyak masyarakat umum menggunakan aplikasi cctv android untuk keperluan pribadi seperti dirumah.

CCTV ini sangat berguna untuk suatu perkerjaan, agar terlihat setiap pergerakan yang terjadi dan bisa mencegah hal yang tidak diinginkan. Pengawasan CCTV pun waktu dulu hanya menggunakan monitor dan tidak bisa dibawa kemana-mana. Ternyata sekarang CCTV bisa kita menggunakan layar hp kita pribadi. Hanya saja membutuhkan aplikasi atau software untuk mendukung CCTV ini dan jika menggunakan layar handphone kita masing-masing sangat efektif. Hal ini dikarenakan kita bisa melihat dan mengawasi CCTV dimana saja dan kapan saja menggunakan hp. Berikut aplikasi CCTV yang bisa kamu gunakan di handphone kamu

Aplikasi CCTV Android Online

6 Daftar aplikasi cctv ini bisa kamu pilih dengan pertimbangan atau menurut kamu bagus dan terbaik. Semua ulasan tentu nya sudah pernah di uci coba dan mendapatkan rating yang bagus. Berikut penjelasan daftar aplikasi cctv :

1. Alfred Home Security Camera – Aplikasi Pemantau Kamera CCTV

aplikasi android untuk melihat kamera cctv

Alfred Home security camera ini bisa kamu dapatkan di playstore handphone kamu. Kamu bisa mengdownload dan menginstall aplikasi ini, aplikasi ini memiliki besaran sekitar 24 MB dan memiliki rating yang bagus dalam penggunaan aplikasi. Namun tidak semua handphone android yang support dengan aplikasi ini, kemungkinan ada beberapa fitur yang tidak mendukung dalam penggunaan aplikasi ini.

Alfred home security camera ini termasuk kedalam kategori terbaik dalam aplikasi cctv. Hal ini dikarenakan aplikasi ini menyediakan fitur seperti live video streaming, motion detector, night vision dan remote access yang membuat pengguna tertarik akan penyedia fiturnya secara gratis. Akan tetapi fitur seperti HD Recording ini bisa digunakan jika kita berlanggana. Untuk kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini disarakn untuk menggunakan akun google yang sama.

Baca juga : Aplikasi Remote TV

2. WardenCam – Kamera Keselamatan Rumah

aplikasi cctv online android

Wardencam yaitu aplikasi CCTV yang berfungsi untuk memantau atau merekam segala sesuatu dan aktivas yang dilakukan. Aplikasi ini termasuk kedalam kategori aplikasi terbaik dan bisa kamu dapatkan di google playstore secara gratis.

Wardencam ini juga menyediakan fitur-fitur seperti fungsinya cctv. Aplikasi ini juga mendukung multi camera set-up, pendeteksi gerakan dan two-way audio support. Aplikasi wardencam ini tidak bisa diakses menggunakan layar komputer, berbeda dengan aplikasi Alfred Home security camera yang bisa digunakan di layar komputer. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini, kamu wajib memiliki 2 HP, hal ini dikarenakan fungsi masing-masing hp berbeda. Satu Hp berfungsi sebagai kamera hp dan hp yang satu lagi digunakan untuk layar monitor yang akan dipantau.

Baca juga : Aplikasi Untuk Smart TV

3. Wifi Baby Monitor

wifi baby monitor

Wifi Baby Monitor ini fungsinya sama dengan aplikasi lainnya, yang menjadi perbedaan dengan aplikasi lainnya yaitu fitur yang tersedia pada aplikasi ini. Kamu bisa menggunakan zoom in- zoom out serta merekam segala jenis kegiatan dan juga kamu bisa melakukan pengaturan cahayanya.

Wifi baby monitor dalam penggunaannya diwajibkan untuk menggunakan wifi, tidak bisa menggunakan hotspot hp android pribadi. Sudah pahamkan apa saja yang dibutuhkan pada wifi ini ?

4. IP WebCam

aplikasi cctv terbaik di android

IP Webcam sama hal nya dengan pembahasan cctv diatas. IP webcam ini termasuk rekomendasi untuk para pengguna aplikasi cctv di smartphone. Aplikasi ini tidak jauh beda dengan aplikasi yang lainnya. Hanya saja aplikasi ini membutuhkan aplikasi tambahan untuk mendukung aplikasi ini. Walaupun membutuhkan aplikasi tambahan, IP Webcam sangat mudah digunakan.

IP Webcam menyediakan beberapa fitur seperti mengirim atau mengupload video dropbox, Filoader plugin, SFTP dan FTP, Move, cloud, Webm, Night vision beserta format-format rekaman video.

Baca juga : Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Wifi

5. TinyCam Monitor

tinycam monitor ip camera viewer

TinyCam Monitor ini sangat mampu bekerja jarak jauh dan kualitas gambar yang dihasilkan pun cuku baik. Cara penggunaannya pun sangat mudah, kamu hanya menghubungkan aplikasi TinyCam monitor dengan kamera CCTV melalui IP. Tetapi tidak semua aplikasi TinyCam monitor ini support di semua hp.

6. Droidcam – Aplikasi CCTV Wifi

aplikasi pemantau cctv android

Droidcam yaitu aplikasi yang dapat mengubah smartphone kita digunakan sebagai CCTV. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini di smartphone lama kamu yang sudah tidak terpakai lagi yang dijadikan untuk CCTV. Dengan begini semua kondisi rumah kamu akan terpantau keamanannya tanpa harus adanya CCTV, Jadi kamu tidak perlu repot-repot membeli cctv yang serba mahal.

Droidcam ini memiliki kelebihan yaitu mendukung gambar HD hingga 720 dan hight definition. Fitur yang menarik pada cctv ini adalah menjadikan sebuah smartphone sebagai CCTV. Cara kerjanya yaitu kamu hanya perlu menjalankan aplikasi ini seperti biasa pada umumnya.

Baca juga : Cara Menggunakan Aplikasi Trackview

Demikianlah aplikasi cctv android terbaik yang bisa kamu gunakan untuk memantau disekitar mu. Dari keenam ini merupakan daftar rekomendasi yang wajib kamu coba. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, efektif dan efesien.

Bayu Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com